Mammogram Adalah Salah Satu Cara Deteksi Kanker Payudara Secara Dini

Mammografi atau mammogram adalah tes yang dianjurkan oleh dokter bila perempuan mengalami kelainan di bagian payudara. Dengan menggunakan teknologi rontgen foto, mammogram dapat menunjukkan gambar jaringan payudara dengan jelas. Dengan demikian, dokter dapat mendeteksi berbagai kelainan payudara, seperti kanker payudara, tumor, kista payudara, sampai penumpukan kalsium atau kalsifikasi pada jaringan payudara.

Mammogram adalah prosedur yang aman dilakukan dengan menggunakan sinar X-ray dengan kadar yang rendah. Metode ini memiliki beberapa jenis yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Dokter akan merekomendasikan jenis mammogram jika diperlukan tes lebih lanjut. 

Sangat penting bagi perempuan untuk melakukan mammogram secara berkala, terutama untuk perempuan yang sudah berusia 40 tahun ke atas atau berisiko terkena kanker payudara secara genetik. Tujuannya agar kelainan dapat terdeteksi sedini mungkin, sehingga pengobatan dapat dilakukan sesegera mungkin.

Meski menjadi prosedur paling efektif untuk mendeteksi sel kanker payudara, namun beberapa kasus sel kanker tidak terdeteksi pada pemindaian pertama. Karena itu, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan menggunakan metode mammogram.

Jenis-jenis mammogram

Berdasarkan tujuannya, ada dua jenis mammogram yang biasa dilakukan, yaitu mammogram skrining dan mammogram diagnostik.

1. Mammogram screening

Mammogram skrining adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mendeteksi kelainan payudara walaupun tanda-tandanya belum terlihat dengan jelas melalui kasat mata. Jenis mammogram ini sangat efektif untuk melihat adanya tanda sel kanker pada payudara. 

Pemeriksaan dengan menggunakan mammogram skrining dilakukan sebelum pasien merasakan gejala apapun sehingga dapat mendeteksi kanker payudara sedini mungkin agar perawatan dapat segera dilakukan.

2. Mammogram diagnostik

Prosedur ini dilakukan apabila dokter telah menemukan gejala adanya sel kanker seperti benjolan, timbul rasa nyeri, warna kulit sekitar payudara berubah, dan putih menebal. Mammogram ini adalah pemindaian yang cocok dilakukan untuk mendeteksi gejala tersebut untuk memastikan apakan gejala yang dirasakan mengarah kepada kanker atau tidak. 

Kapan mammogram dibutuhkan?

Pemeriksaan mammogram biasanya disarankan untuk perempuan di atas usia 40 tahun. Mereka setidaknya perlu melakukan pemeriksaan ini setahun sekali, terutama bagi mereka yang memiliki risiko terkena kanker payudara secara genetik. 

Namun, lebih baik bagi perempuan di antara usia 40-49 tahun untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui seberapa sering perlu melakukan pemeriksaan ini. Sedangkan perempuan di usia 50-74 tahun disarankan melakukan prosedur mammogram setiap dua tahun sekali. Tapi ada baiknya semua perempuan yang ingin melakukan prosedur mammogram berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Pemeriksaan mammogram juga sangat disarankan bagi mereka yang merasakan gejala kanker payudara, seperti berikut.

  • Nyeri di payudara
  • Munculnya benjolan di payudara dan ketiak
  • Adanya perubahan struktur kulit di payudara
  • Puting mengalami penebalan
  • Keluar cairan dari puting
  • Payudara merah dan mengelupas
  • Keluar nanah dari payudara
  • Iritasi di payudara dan puting

Prosedur mammogram

Mammogram adalah prosedur yang sangat penting dilakukan bagi perempuan untuk mendeteksi adanya kelainan sel kanker. Payudara kemudian akan ditempatkan ke dalam alat rontgen dengan kompresor yang akan menekan payudara untuk meratakan jaringan di dalamnya. Pasien akan melakukan prosedur ini dalam posisi berdiri maupun duduk.

Saat prosedur dilakukan, pasien diminta untuk menahan napas sebentar saat payudara ditekan. Hal ini bertujuan agar gambar yang dihasilkan dari x-ray akan terlihat jelas dan mengurangi paparan radiasi.

Jika hasil yang keluar menyebutkan adanya kelainan atau tidak terlalu jelas, dokter akan menyarankan untuk mengulang tes tersebut. Pemeriksaan dapat dilakukan di hari yang sama atau beberapa hari setelah hasil rontgen keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *