5 Alasan Baby Wrap Adalah Gendongan Bayi Baru Lahir Terbaik

Gendongan bayi baru lahir berfungsi untuk membantu orang tua membopong si kecil dengan aman dan nyaman. Selain itu, juga bisa menjaga kestabilan orang tua saat menggendong anak. Beberapa orang tua bisa saja menggendong anak dengan tangan, namun ada juga yang membutuhkan gendongan agar lebih aman. Generasi 90-an mungkin masih merasakan digendong menggunakan kain jarik. Jenis gendongan ini populer di masa itu. 

Gendongan bayi baru lahir yang aman dan awet.

Perkembangan zaman yang pesat turut menciptakan inovasi di ranah perlengkapan bayi. Gendongan untuk anak yang semula hanya menggunakan jarik, kini lebih bervariasi seperti jenis baby wrap. Jenis gendongan ini mengadopsi ikatan pada jarik namun menggunakan bahan yang lebih awet dan aman untuk si kecil. Baby wrap disebut-sebut sebagai jenis media gendong terbaik, bahkan salah satu penyanyi Indonesia Andien Aisyah, sempat menceritakan pengalamannya menggunakan baby wrap saat mengasuh Kawa, anak pertamanya.

Untuk lebih memahami mengapa baby wrap menjadi gendongan terbaik, mari kita pahami penjelasan berikut ini.

Nyaman digunakan karena berbahan katun

Salah satu variabel penting dalam membeli gendongan untuk bayi adalah kenyamanan. Baik itu rasa nyaman untuk si kecil maupun untuk orang tua. Baby wrap umumnya menggunakan bahan katun sehingga akan terasa dingin saat dipakai dan tentunya mampu menyerap keringat dengan baik. Katun juga dikenal sebagai bahan yang mudah dibentuk sehingga gendongan ini bersifat fleksibel dan lembut. 

Mencegah Displasia Panggul pada Bayi

Secara alamiah, kaki bayi sejak di kandungan memiliki posisi yang tertekuk. Kondisi ini berlangsung hingga si kecil menginjak usia 2 tahun. Posisi menggendong yang salah akan membahayakan pertumbuhan kaki bayi. Proses merawat bayi yang salah bisa menyebabkan displasia panggul, atau dengan kata lain bentuk kaki yang tidak simetris. Untuk mencegah hal tersebut ternyata menggendong bayi dengan baby wrap adalah upaya mencegah hal itu terjadi.

Anak akan merasa lebih bebas bergerak

Menggendong dengan gendongan baby wrap akan memberikan kebebasan bayi dalam bergerak. Posisi bayi yang menghadap ke dada orang tua akan memberikan kenyamanan saat bayi tidur. Bahan gendongan ini terbuat dari 68 persen rayon bambu, 25 persen katun, dan 7 persen spandeks. Komposisi tersebut membuat gendongan tidak kaku dan lebih fleksibel sehingga membuat nyaman bayi dalam bergerak.

Kuat untuk menopang beban bayi

Ikatan gendongan bayi baru lahir dengan baby wrap merupakan bentuk transformasi dari ikatan jarik yang dikenal kuat dan nyaman untuk bayi. Menggunakan jenis gendongan ini bisa membantu orang tua mengangkat bayi dengan mudah dan nyaman. Ikatan yang digunakan juga kuat dalam menopang beban bayi. 

Melindungi tulang belakang orang tua

Jenis ikatan pada baby wrap memungkinkan si bayi menempel ke badan orang tua. Posisi tersebut akan melindungi tulang belakang orang tua saat berjalan atau berdiri. Mengingat berat seorang bayi bisa mencapai 2-5 kg, maka ini berpotensi membuat keseimbangan orang dewasa goyah. Tipe gendongan ini cukup aman untuk melindungi orang tua dari cedera tulang belakang. Berat beban bayi tidak akan bertumpu pada satu titik, karena beban akan tersebar ke seluruh tubuh sehingga membuat seimbang.

Walaupun gendongan bayi baru lahir jenis baby wrap mempunyai keunggulan tersendiri, namun teknik ini memerlukan kemampuan mengikat yang baik. Hal ini agar ikatan kuat dalam menopang beban bayi. Kamu sebagai orang tua perlu berlatih untuk menggunakan jenis gendongan bentuk ini agar lebih mudah mengaplikasikannya sendiri tanpa bantuan orang lain.
Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk lebih memahami gendongan baby wrap, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *